Kabar17.id, Jakarta – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengumumkan persiapannya jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. PT Indosat Multi Media Mobile (IM3) memastikan komunikasi pengguna tidak terputus selama libur Nataru.
Mengantisipasi lonjakan kebutuhan jaringan telekomunikasi digital pada sejumlah titik di Jabodetabek pada masa libur perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Indosat juga menyiapkan peningkatan kapasitas jaringan di hampir 88 point of interest (POI).
Sejumlah POI tersebut merupakan titik titik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat di masa libur perayaan Nataru, dari mulai bandara, terminal bus, stasiun kereta api, jalan tol, destinasi wisata, pusat perbelanjaan, hingga sarana beribadah.
VP Head of Technology Jabodetabek, Dolly Simbar mengatakan kita berharap ada penambahan kapasitas, kurang lebih sekitar 33%, “prediksi kami untuk Jabodetabek dan juga nasional. Secara umum, kenaikan trafiknya itu 11,6%,” ujar dia di dia.lo.gue, Kemang Selatan , Jakarta Selatan pada Kamis, 21 Desember 2023.
“Pada saat liburan kayak begini pasti kosong jadi kita mengidentifikasi titik-titik ini sangat luar biasa, makanya kita tetap mengantisipasi penambahan kapasitas di atas prediksi agar memberikan pelayanan yang terbaik,” kata Dolly.
Dengan penambahan ini, Indosat kini menyediakan kapasitas sekitar 33 persen lebih besar daripada rata-rata trafik data harian.
Peningkatan ini diperkirakan dipicu oleh peningkatan penggunaan aplikasi seperti Tkktok, WhatsApp, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.
Selain itu, Indosat juga telah mengaktifkan Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation Center (ISOC).
Command Center ini didukung oleh Network Operation Center berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi, untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan.
VP Head Of Commercial IM3 Jabodetabek, Yogo Bagus mengatakan akan buka sesuai dengan jam pelayanan, *untuk menghadapi misalnya case pergantian kartu rusak atau pendaftaran, yang dipakai akan tetap ready di seluruh gerai dan kiios yang ada di seluruh Indonesia,” kata dia di lokasi yang sama.
Selain itu, Indosat juga telah mengaktifkan Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation Center (ISOC). Command Center ini didukung oleh Network Operation Center berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi, untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan.
Sebagai informasi, Indosat melalui brand IM3, Tri, dan Indosat HiFi juga memberikan penawaran menarik yang dapat dinikmati khusus pada periode Natal dan Tahun Baru. Pelanggan dapat mengakses www.im3.id tahunbaru, www.bima.tri.co.id, dan www.hifi.ioh.co.id. Tak hanya itu, pelanggan juga dapat mengunjungi gerai IM3, 3Store, serta menghubungi layanan pelanggan melalui saluran resmi official WhatsApp untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+, Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia), serta email ([email protected] dan [email protected].)
District Operational Head Tri Jabodetabek, Irma Aurora mengatakan pelanggan masih tetap bisa dilayani selama libur Natal dan Tahun Baru khusus untuk di Mall itu cukup terbuka, Hari minggu di Tri store tutup. Namun, operasionalnya di Mall biasanya buka jam 10.00 sampai dengan jam 22.00.
“Tri kita juga punya pending mesin ada 77 secara teknik mesin yang tanpa dibantu oleh customer service, jadi pelanggan juga bisa langsung akses di mesin kita Tri di lokasi-lokasinya seperti di bandara, di pusat-pusat berbelanjaan,” kata Irma di lokasi yang sama. (Red)